Sabtu, 13 Agustus 2016

PERJALANAN ETNIK (WE are D'ETNIC) KE PINOGU BAGIAN 3.

TENTANG PINOGU OLEH ETNIK



Kecamatan Pinogu adalah kecamatan yang dimekarkan dari Kecamatan Suwawa Timur pada tanggal 30 Juni 2012. Setelah dimekarkan “…sedikit demi sedikit Pinogu sudah mengalami perubahan drastis, …apalagi Pinogu sekarang sudah menjadi kecamatan definitif ke-18 dan mampu sejajar dengan kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Bone Bolango”, (Admin Kecamatan Pinogu, 2013).
Untuk memenuhi rasa ingin tahu khalayak tentang Pinogu, dalam bagian ini kami menguraikan tentang kondisi Pinogu berdasarkan data yang kami dapat dari Badan Pusat Statistika Kabupaten bone Bolango, tentang “Pinogu Dalam Angka 2015”.

Keadaan Geografi
Kecamatan Pinogu adalah salah satu dari 18 kecamatan di Kabupaten Bode Bolango. Kecamatan dengan luas 406,78 km² dengan batas wilayah administrasi sebagai berikut.
Batas
Wilayah
Sebelah Utara
Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara
Sebelah Timur
Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara
Sebelah Selatan
Kecamatan Bone Raya
Sebelah BArat
Kecamatan Suwawa Timur
Sumber: Data BPS Kabupaten Bonebolango, 2015: 5.
Desa terjauh yang ditempuh dari ibukota Kecamatan Pinogu adalah Desa Bangio dengan jarak 3 km. Sedangkan Desa Pinogu merupakan desa terdekat dari ibukota Kecamatan Pinogu dengan jarak 0,2 km.
Wilayah kecamatan Pinogu sebagian besar merupakan daerah dataran tinggi. Dilihat dari luas wilayahnya, desa yang memiliki luas terbesar adalah Desa Bangio dan yang memiliki luas wilayah terkecil adalah Desa Tilonggibila.

Pemerintahan
Kecamatan Pinogu terdiri dari 5 desa dan 15 dusun dengan ibukota kecamatan terletak di Desa Pinogu.
Menurut bagian pemerintahan Kecamatan Pinogu, status pemerintahan desa di Pinogu adalah desa swadaya. Jika dilihat dari status hukumnya semua desa di Pinogu sudah tergolong definitive.
Jumlah PNS di lingkungan pemerintahan se-Kecamatan Pinogu sebanyak 18 orang atau sebesar 48 persen dari keseluruhan pegawai di lingkungan pemerintahan se-Kecamatan Pinogu. Berdasarkan tingkat pendidikan terakhir yang ditamatkan, sebanyak 72 persen PNS di lingkungan pemerintahan se-Kecamatan Pinogu merupakan lulusan perguruan tinggi.
Menurut data: “Jumlah Pegawai Negeri Sipil dan Non-PNS Menurut Dinas/Instansi Pemerintah dan Tingkat Kepangkatan di Kecamatan Pinogu 2014”, PNS yang tersebar pada golongan I, II, III, dan IV berjumlah 20 orang, Non-PNS 66 orang, dan Anggota Polri 1 orang, sehingga jumlah total Pegawai Negeri Sipil dan Non-PNS adalah 87 orang.

Penduduk dan Ketenagakerjaan
Jumlah penduduk Pinogu tahun 2014 adalah 2064 jiwa, terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 1090 jiwa dan penduduk perempuan 974 jiwa.
Kepadatan penduduk Pinogu pada tahun 2014 sebesar 5 jiwa per km². Desa yang paling padat penduduknya adalah Desa Pinogu, yaitu 8 jiwa per km², sedangkan yang terendah adalah Desa Bangio yaitu 2 jiwa per km².
Rasio jenis kelamin penduduk Pinogu adalah 111. Ini berarti bahwa untuk setiap 100 penduduk perempuan terdapat 111 penduduk laki-laki, atau dapat dikatakan penduduk laki-laki di Pinogu lebih besar dari jumlah penduduk perempuan.
Jumlah keluarga adalah 534 keluarga dengan rata-rata jumlah anggota keluarga 4 jiwa per keluarga.
Sebanyak 707 jiwa penduduk berumur 15 tahun ke atas di Kecamatan Pinogu merupakan angkatan kerja dengan persentase penduduk bekerja sebesar 73,1 persen. Sebesar 50,2 persen penduduk yang berumur 15 tahun ke atas bekerja pada sector pertanian.
Menurut data: “Penduduk Berumur 15 Tahun ke Atas Menurut Desa dan Lapangan Pekerjaan Utama di Kecamatan Pinogu 2014”, 260 orang yang tersebar di Kecamatan Pinogu memiliki lapangan pekerjaan utama, yakni: pertanian, kehutanan, perburuan, dan perikanan, 36 orang pada pertambangan dan penggalian, 26 orang pada industri pengolahan, 11 orang pada bangunan, 52 orang tersebar pada perdagangan besar, eceran, rumah makan, dan hotel, 54 orang pada angkutan, pergudangan, dan komunikasi, 78 orang pada jasa kemasyarakatan, sosial, dan perorangan. Sehingga jumlah total adalah 517 jiwa penduduk berumur 15 tahun ke atas memiliki lapangan pekerjaan utama.
Menurut data: “Rumah Tangga Penerima Bantuan Menurut Jenis Bantuan dan Desa di Kecamatan Pinogu 2014”, bahwa sebanyak 534 rumah tangga menerima bantuan Raskin, 452 rumah tangga menerima bantuan BLSM, 188 rumah tangga menerima bantuan PKH, dan 534 rumah tangga menerima bantuan Jamkesmas.
Sosial
-   Pendidikan
Ketersediaan fasilitas pendidikan baik sarana maupun prasarana yang memadai dan mudah dijangkau masyarakat akan sangat menunjang dalam peningkatan mutu pendidikan.
Berdasarkan data yang diperoleh, di Kecamatan Pinogu pada tingkat Sekolah Dasar dan sederajat tahun ajaran 2014/2015 jumlah murid dan guru adalah 312 murid dan 21 guru. Pada tingkat SMP dan sederajat terdapat sejumlah 119 murid dan 7 guru. Pada tingkat SMA dan sederajat terdapat sejumlah 12 murid dan 6 guru.
-   Kesehatan
Pada tahun 2014 di Kecamatan Pinogu hanya terdapat satu Puskesmas dengan tenaga kesehatan sebanyak 2 dokter, 5 bidan, dan 3 perawat.
-   Agama
Pada tahun 2014, terdapat 4 buah masjid yang digunakan oleh masyarakat Pinogu yang mayoritas beragama Islam.

Pertanian
Subsektor tanaman bahan makanan merupakan salah satu subsektor pada sektor pertanian. Subsektor ini mencakup tanaman padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar dan kacang tanah.
Luas panen padi tahun 2014 sebesar 84 hektar dengan produksi sebesar 84 ton. Sedangkan untuk luas panen jagung pada tahun 2014 sebesar 18 hektar turun dari tahun sebelumnya 58 hektar. Dengan luas panen demikian, jumlah alat pertanian di Pinogu antara lain,  5 traktor pengolah tanah, 1 mesin perontok padi, 5 mesin penggilingan padi besar, dan 2 mesin penggilingan jagung.
Tanaman perkebunan yang diusahakan penduduk Pinogu antara lain kepala, kakao, kopi, dan kemiri. Kopi merupakan tanaman perkebunan yang banyak diusahakan dengan luas arela sebesar 202 hektar.
Sementara itu, populasi ternak besar yang terdiri dari sapid an kuda pada tahun 2014 adalah 1.319 ekor sapi dan 6 ekor kuda.
Luas kawasan hutan menurut fungsinya di Kecamatan Pinogu 3.767 Ha merupakan hutan produksi terbatas, 43.783,36 Ha taman nasional, dan 2.884,00 merupakan areal penggunaan lain.
Jumlah nelayan perikanan darat adalah 108 orang tersebar di desa di Kecamatan Pinogu, dengan jumlah terbanyak 32 orang di Desa Dataran Hijau dan jumlah terkecil 11 orang di Desa Pinogu Permai.

Industri dan Energi
Pada tahun 2014, jumlah industry di Pinogu sebanyak 53 buah. Banyaknya industri yang ada di Pinogu dapat ditunjukkan melalui tabel berikut.
Desa
Makanan
Minuman
Pengolahan Tembakau
Tekstil dan Pakaian Jadi
Pinogu
5
0
0
0
Bangio
3
0
0
0
Pinogu Permai
3
0
0
0
Dataran Hijau
4
0
0
0
Tilonggibila
1
0
0
0
Kecamatan Pinogu
16
0
0
0
Sumber: Data BPS Kabupaten Bonebolango, 2015: 85.
Sebagian besar kebutuhan penerangan di Kecamatan Pinogu menggunakan listrik non-PLN. Sementara untuk kebutuhan air minum di Kecamatan Pinogu tidak ada yang menggunakan air PDAM.

Perdagangan dan Harga
Majunya perekonomian suatu daerah dapat dilihat dari aktivitas perdagangan di daerah tersebut. Semakin aktif kegiatan perdagangan menunjukkan semakin aktifnya pergerakan perekonomian. Pada tahun 2014, sarana perdagangan di Pinogu hanya terdapat 1 pasar tradisional yang terletak di Desa Dataran Hijau.
Perkembangan harga-harga beberapa barang yang ada di Kecamatan Pinogu tahun 2014 secara umum tidak terlalu berbeda dengan keadaan pada tahun 2013. Sebagian mengalami kenaikan  yang wajar, sebagian lainnya stabil.

Transportasi dan Komunikasi
Dalam pembangunan ekonomi suatu daerah, peran sector tranportasi dan komunikasi mutlak diperlukan untuk membuka hubungan kecamatan lain dan untuk menjamin kelancaran distribusi komoditas perdagangan antar daerah. Tahun 2014, sebagian besar permukaan jalan antar desa di Pinogu adalah tanah.
Tahun 2014, tidak satupun sarana komunikasi yang terdapat di Pinogu.


Keuangan
Lembaga keuangan seperti bank dan koperasi memiliki peranan penting dalam kegiatan perekonomian. Pada tahun 2014, sarana keuangan yang dimiliki Pinogu yaitu tidak terdapat satupun bank dan koperasi.
Disamping itu, Pajak Bumi dan Bangunan merupakan satu-satunya sumber pendapatan daerah di Kecamatan Pinogu. Selama tahun2014, jumlah Pajak Bumi dan Bangunan yang berhasil dihimpun dari masyarakat.{}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKU, RUMAH BERANTAKAN, CENDOL, ISRAEL, PALESTINA (Bagian 2)

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga kalian semua selamat serta beroleh rahmat dan berkah d...