Jumat, 30 Maret 2012

Permainan BASKET TAKI


Permainan basket taki merupakan suatu produk model pengembangan modifikasi permainan bola basket, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Penjasorkes (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan). Nama permainan “Taki” dipilih berdasarkan sasaran pemakai produk, yakni siswa kelas atas. Kata Taki yang berasal dari kata dalam Bahasa Gorontalo lo ta kikino berarti untuk anak kecil (dalam bentuk tunggal), dan lo ta keke’ino (dalam bentuk jamak). Anak kecil yang dimaksud dalam kata ta kikino dan ta keke’ino adalah siswa sekolah dasar kelas atas (IV, V, dan VI).
Lapangan permainan basket taki berbentuk persegi panjang yang dilengkapi dengan ring pada kedua sisi lebar lapangan. Ukuran lapangan basket taki dan ring dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Lapangan permainan basket taki berbeda ukurannya dengan lapangan permainan bola basket yang sesungguhnya. Lapangan permainan basket taki dapat menggunakan lapangan bola voli mini yang berukuran 12 X 6 meter, dan/atau lapangan bulutangkis yang berukuran 13,40 X 6,10 meter. Lingkarannya berdiameter 1,44 meter.

Ring dan papan pantul basket taki juga berbeda dengan ring dan papan pantul bola basket yang sesungguhnya. Ring dan papan pantul basket taki telah dimodifikasi ukurannya, disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan siswa kelas  atas (IV, V dan VI).
Tinggi papan pantul basket taki 1,99 meter dan tinggi ring 2,09 meter (1,99 meter + 0,10 meter). Panjang papan pantul basket taki 0,73 meter, dan lebar 0,60 meter. Persegi panjang di belakang ring berukuran panjang 0, 45 meter, dan lebar 0,30 meter.
Diameter ring basket taki berukuran 40,85 cm, disesuaikan dengan bola basket yang digunakan, berukuran 5 dengan lingkar bola 68 cm.
 

Sumber:
Dokumen penelitian. 2010. Pengembangan Model Permainan Bola Basket Taki Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas di Kota Gorontalo. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Mirdayani Pauweni, nim 6301508018.

 
Curiculum Vitae

Mirdayani Pauweni lahir di Gorontalo pada 3 Mei 1984. Alumni Program Pasca Sarjana Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Semarang. Tesisnya berjudul “Pengembangan Model Permainan Basket Taki sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas Di Kota Gorontalo”.
Pada tahun 2005 penulis menyelesaikan kuliah S1 di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo, yang sekarang telah berubah nama menjadi Jurusan Pendidikan Keolahragaan yang dibina dalam Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, tempat penulis bekerja sebagai tenaga dosen pada saat ini.
Penulis menyelesaikan jenjang pendidikannya di TK Bustanul Atfal 1 Kota Gorontalo pada tahun 1990, di SDN No.53 Kota Selatan II pada tahun 1995 (sekarang telah berubah nama menjadi SDN No. 33 Kota Selatan), di SMP Negeri 2 Gorontalo pada tahun 1998, dan SMU Negeri 3 Gorontalo pada tahun 2001.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKU, RUMAH BERANTAKAN, CENDOL, ISRAEL, PALESTINA (Bagian 2)

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga kalian semua selamat serta beroleh rahmat dan berkah d...